Minggu, 28 Oktober 2018

FOPPSI MENGISI KEGIATAN SUMPAH PEMUDA TAHUN 2018




Kegiatan ini diawali saling kontak guna koordinasi tentang kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu hari sabtu dan minggu tanggal 27-28 oktober 2018. Hari pertama pembukaan kemudian dilanjutkan dengan acara kemah yang dilaksanakan di SDN 08 Dusun Cingka Kecamatan Tayan Hilir  Kabupaten Sanggau.
Pelaksanaan kegiatan ini adalah kolaborasi atau kerjasama antara komunitas kepemudaan Traveler Khatulistiwa (Tawa) yang merupakan Komunitas pemuda pencinta alam terdiri dari para seniman jalanan, mahasiswa serta pekerja swasta, selanjutnya  Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (Foppsi), serta Komunitas Pemuda Cingka, acara dipusatkan di Dusun Cingka tepatnya di SD Negeri 08 Cingka dengan melibatkan siswa serta unsur kepemudaan setempat, pendanaan acara ini selain didanai bersama juga melibatkan pihak ketiga yaitu Eager sebagai sponsor utama.
Hari pertama setelah prepare kegiatan yang akan dilaksanakan, perjalanan pun dimulai menuju dusun Cingka Kecamatan Tayan Hilir  Kabupaten Sanggau. Perjalanan tersebut melewati hutan, jalan berbatu, naik dan turun gunung serta melewati jembatan tua yang sudah roboh dan dalam tahap perbaikan. Setelah lebih kurang 30 menit rombongan akhirnya sampai dilokasi kegiatan.
Setelah melakukan persiapan seadanya maka dimulai dengan acara pertama yaitu pembukaan yang dimulai dengan kata sambutan Ketua Foppsi Kabupaten Sanggau, dilanjutkan Ketua Komunitas kepemudaan Traveler Khatulistiwa, Ketua Pemuda Dusun Cingka dan terakhir kepala sekolah SD Negeri 08 Cingka sekaligus membuka acara tersebut.
Adapun kegiatan setelah pembukaan antara lain, sholat bersama, api unggun, pensi, jelajah malam, tidur, senam, sarapan, mandi, baksos, gladi resik, upacara, lomba-lomba, makan bersama, pembagian hadiah, dan penutupan.
Dihari kedua, pagi setelah bangun tidur semuanya melakukan senam pagi, sarapan dan mandi. Selanjutnya gladi resik sabagai persiapan Upacara sumpah pemuda. Dalam upacara ini bertindak sebagai Pembina upacara adalah ketua Foppsi Kabupaten sanggau, sedangkan para petugas upacara merupakan gabungan dari Komunitas kepemudaan Traveler Khatulistiwa dan pemuda Dusun Cingka, serta peserta upacara terdiri dari Siswa SD Negeri 08 Cingka, Unsur- unsur di masyarakat seperti Kepala Dusun, Anggota BKMT dusun Cingka, Kepala sekolah, guru-guru, para pemuda, serta masyarakat umum, turut hadir dalam acara tersebut Bapak Hajijan, S.Pd mantan pengawas Cabdindikpora Tayan Hilir yang mana setelah beliau purna bhakti atau pensiun tapi nasehat serta pendapat beliau tetap dihargai dan dihormati.
Dalam amanat Pembina upacara ketua Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (Foppsi) kabupaten Sanggau menyampaikan beberapa hal terkait peringatan hari sumpah pemuda, yaitu tentang isi sumpah pemuda tersebut. Sumpah Pemuda yang diikrarkan para pemuda yang tergabung dari berbagai daerah pada 28 Oktober 1928 ikut menandai sejarah perjalanan bangsa ini. Semangat baru yang dikobarkan para pemuda di tengah masa penjajahan. Tujuannya satu, mencapai cita-cita kemerdekaan. Sumpah Pemuda, Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908 dan Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah “benang merah” sejarah perjuangan untuk mencapai Indonesia yang berdaulat. Oleh karna itu sebagai generasi penerus hendaknya kita harus bisa menjadi generasi yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Kita harus mampu menjadi pemuda yang seelalu bersemangat dalam membangun dilikngkungan dimana kita tinggal. Jangan biarkan rasa malas mengungkung kita sehingga kita menjadi generasi pengecut, menjadi generasi yang lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa, masa muda adalah masa yang penuh semangat, masa muda adalah masa yang penuh gairah. Mari kita bertindak ke arah yang positif. Kita buat diri kita menjadi contoh kebaikan yang mampu menularkan semangat kepada rekan-rekan kita yang lain, dan sebagai generasi yang bermartabat hendaknya kita bisa saling menghargai, sekecil apapun yang bisa dilakukan rekan kita tetap harus kita hargai apalagi kalua hal itu bermanfaat untuk banyak orang,” ungkapnya.
Setelah melaksanakan upacara semua peserta upacara mengadakan sesi photo bersama, kemudian dilanjutkan dengan lomba-lomba bagi siswa SD Negeri 08 Cingka sampai waktu makan bersama tiba. Makan bersama ber alaskan daun pisang serta duduk dilantai dilakukan semua yang hadir pada saat itu, termasuk masyarakat sekitar tempat kegiatan.


PHOTO-PHOTO SEBAGAI DOKUMENTASI KEGIATAN





Brefing sebelum berangkat ke lokasi




Acara Pembukaan










Upacara Peringatan Sumpah pemuda Tanggal 28 Oktober 2018








Ketua Foppsi Kabupaten Sanggau Saat Menyampaikan Amanat





Acara makan bersama, semua panitia, masyarakan sekitar dan siswa SD Negeri 08 Cingka





Ditulis Oleh

Sri Sulastri
KETUA DPD FOPPSI KABUPATEN SANGGAU

Dipublikasi Oleh

- Aprizal Haryanto
- Rahmansyah 

SEKSI BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMASI

FOPPSI KABUPATEN SANGGAU






1 komentar:

FOPPSI MENGISI KEGIATAN SUMPAH PEMUDA TAHUN 2018

Kegiatan ini diawali saling kontak guna koordinasi tentang kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu hari s...